Binatang Kesukaan ku

Binatang Kesukaan ku
meeooww

Kamis, 17 Februari 2011

Global Warming

Pemanasan global (global warming)  merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dan dinitrooksida (N2O) sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Berbagai literatur menunjukkan kenaikan temperatur global – termasuk Indonesia – yang terjadi pada kisaran 1,5-40 Celcius pada akhir abad 21.
Berikut ini merupakan dampak dari adanya pemanasan global:
  1. Perubahan iklim.Perubahan Iklim ialah perubahan suhu, tekanan udara, angin, curah hujan, dan kelembaban sebagai akibat dari Pemanasan Global.
  2. Peningkatan Permukaan Laut. Tinggi muka laut di seluruh dunia telah meningkat 10 – 25 cm (4 – 10 inchi) selama abad ke-20, dan para ilmuan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change)memprediksi peningkatan lebih lanjut 9 – 88 cm (4 – 35 inchi) pada abad ke-21.Perubahan tinggi muka laut akan sangat mempengaruhi kehidupan di daerah pantai. Kenaikan 100 cm (40 inchi) akan menenggelamkan 6 persen daerah Belanda, 17,5 persen daerah Bangladesh, dan banyak pulau-pulau.
  3. suhu global meningkat. dengan meningkatnya suhu global dalam keadaan tertentu dapat menguntungkan suatu wilayah karena curah hujan lebih tinggi dan masa tanam lebih lama.namun pada daerah lain bertambahnya suhu menjadikan mereka kekeringan dan kekurangan air.contohnya diwilayah Kanada dengan meningkatnya curah hujan sedangkan di Afrika terjadi kekeringan akibat terjadinya kenaikan suhu
  4. kebakaran hutan,area hutan yang kering akibat terjadinya kenaikan suhu sehingga hutan mudah terbakar.contohnya keebakaran hutan yang ada di Australia.
  5. situs purbakala cepat rusak,suhu yang ekstrim akan menyebabkan kerusakan situs purbakala lebih rapuh.
  6. ketinggian gunung berkurang,contonya pegunungan Alpen yang mengalami penurunan ketinggian karena es yang berada di puncak gunung meleleh.
  7. satelit bergerak lebih cepat.makin banyak CO2 yang dihasilkan makin kuat dorongan pada atmosfer bumi sehingga mempercepat pergerakan satelit.
  8. peningkatan kasus alergi,tingkat CO2 yang meningkat dan iklim yang tak menentu dapat memicu timbulnya alergi.
  9. migrasi hewan besar-besaran yang ditimbulkan karena habitat hewan yang semula dapat ditinggalai telah rusak dan memicu gerakan migrasi besar-besaran.
  10. terjadinya seleksi alam yang menyebabkan kepunahan beberapa jenis hewan dan tumbuhan dikarenakan mereka tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
Lantas apa sajakah cara yang dapat digunakan untuk mengatasi adanya Global Warming ?. Hal tersebut masih banyak dipertanyakan oleh masyarakat, perlu kesadaran yang tinggi untuk mengatasi global warming, dikarenakan tidak dipungkiri bahwa global warming juga disebabkan karena aktivitas maupun tndakan manusia. Cara untuk mengatasi Global Warming diantaranya sebagai berikut :
  1. meberikan pengarahan maupun penyuluhan kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, melakukan penghematan penggunaan bahan bakar fosil,menggunakan energi-energi alternatif,menanam pohon pada lingkungannya maupun melakukan kegiatan-kegiatan yang dimaksudkan untuk perlindungan bumi ini.
  2. Mendorong kepada Pemerintah dan institusi pendidikan untuk memasukkan materi lingkungan hidup dan kearifan lokal kedalam kurikulum pendidikan pada setiap satuan pendidikan formal dan non-formal.
  3. melakukan standar emisi kendaraan bermotor. Fungsinya adalah agar mobil-mobil yang beredar memiliki emisi gas buang yang kurang lebih sama. Konsekuensinya, kendaraan yang tidak memenuhi standar emisi yang berlaku diharuskan membayar pajak yang lebih besar.
  4. Hemat dalam pemakaian air, listrik dan manfaatkanlah sumber energi dari alam. Gunakan tenaga surya untuk rumah dan pemanas air.Gunakan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian Anda.Gunakan pencahayaan dari sinar matahari secara optimal, bukannya mengandalkan lampu listrik.Buka jendela, agar angin dapat berhembus masuk untuk menyejukkan dan menyegarkan ruangan di rumah anda, daripada menggunakan penyejuk udara buatan yang boros listrik seperti AC.
  5. Informasikan bahaya pemanasan global.Beritahu kepada sebanyak mungkin orang sebagai warga Bumi, akan bahaya Pemanasan Global.Ajarkan anak dan cucu untuk menghormati serta turut menjaga alam dan lingkungan.Luangkan waktu Anda untuk memberi informasi atau terlibat dalam kegiatan sosial untuk membantu menyayangi Bumi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar